Jabbal Rahma



Terletak di Arafah, Makkah. Bukit suci ini biasa digunakan sebagai tempat berdoa ketika waktu wuquf. Jaraknya sekitar 20 km dari masjidil haram, jika ditempuh dengan taksi sekitar 15 sampai 20 menit. Untuk memasuki jabbal rahma memang sedikit rumit karena aksesnya tidak langsung menuju jabbal rahma. Banyak persimpangan-persimpangan dan harus putar balik di beberapa tempat. 

Jika kita menggunakan taksi dari masjidil haram, maka kita akan melewati spot-spot ibadah haji, seperti jamarat (tempat lempar jumrah), mina (tempat mabit), dan musdalifah (tempat mencari batu untuk lempar jumrah, dan melaksanakan shalat magrib & isya). 

Karena saya kesini ketika visa umrah & haji masih ditutup maka tempatnya terlihat sepi dan kosong. Saya sangat penasaran karena ketika waktu wuquf orang-orang banyak berkumpul disini untuk berdoa. Jadi saya menyempatkan diri untuk berkunjung kesini.

Dari atas bukit kita bisa melihat luasnya padang arafah dan juga masjid namira. Masjid ini merupakan masjid terbesar di arafah, bahkan terbesar setelah masjidil haram untuk wilayah Makkah. Ketika waktu wuquf masjid ini akan dipenuhi oleh Jemaah haji untuk berwuquf. 

Cek juga videonya di : https://youtu.be/tzS5lyW83gw

Komentar